Tuesday, June 10, 2014

Sharing pengalaman apply visa UK dari Jerman

Beberapa waktu yang lalu, saya apply visa UK dari Jerman (Düsseldorf). Mengingat minimnya referensi yang saya butuhkan untuk apply visa ketika itu, maka saya bagikan pengalaman saya di sini. Semoga bisa bermanfaat bagi yang teman2 di Jerman yang akan berkunjung ke UK. :)

Kenapa saya pilih untuk apply via British Consulate di Düsseldorf dan bukan di Berlin ataupun München? Selain karena jarak dari kota tempat tinggal saya (Bremen) lebih dekat ke Düsseldorf, juga karena biaya untuk apply visa di Düsseldorf lebih murah. Kalau apply via BC di Berlin atau München ada tambahan biaya sekitar 115 Euro, kalau tidak salah (mesti cek lagi berapa pastinya).

Untuk apply visa UK, ada tiga website penting yang terkait proses aplikasi ini:
  1. Informasi penting sebelum apply visa: https://www.gov.uk/government/organisations/uk-visas-and-immigration. Silahkan diobok2 website itu, sampe hapal ya :p
  2. Untuk apply online: https://www.visa4uk.fco.gov.uk
  3. Untuk konfirmasi appointment penyerahan dokumen dan pembuatan data Biometric: http://www.ge2de.tpcontact.co.uk
Kepergian saya ke UK adalah untuk menghadiri sebuah konferensi/seminar, karena itu saya pilih tipe visa: Academic Visitor. Pastikan bahwa tipe visa yang dipilih adalah benar. Jika keliru, maka Anda harus menghapus data yang sudah diisikan dan mengulangi lagi dari awal.

Ok, setelah website nomor 1 sudah selesai dibaca dan dipahami dengan baik, selanjutnya siapkan dokumen2 yang diperlukan. Daftar dokumen yang diperlukan untuk setiap tipe visa bisa dibaca dan didownload di sini. Sementara itu, ada beberapa dokumen yang diperlukan untuk pengisian aplikasi online:
  1. Pasport yang masih valid dan juga yang tidak valid lagi
  2. Invitation letter dari UK -- Kalau ikut konferensi, pihak organizer pasti akan memberikan invitation letter
  3. Jadwal keberangkatan dan kembali ke kota asal -- Sebaiknya sudah membeli tiket penerbangan sebelum mengisi aplikasi online
  4. Akomodasi -- Pastikan juga sudah ada tempat tinggal sebelum mengisi aplikasi online
  5. Rincian keuangan -- Saya ngeprint bank statement secara online, tidak perlu minta ke bank. :D
Setelah dokumen lengkap, silahkan untuk membuat aplikasi online pada website nomor 2. Untuk yang baru pertama kali apply mesti register dulu. Ingat, account pada web ini sebaiknya dicatat dan disimpan dengan baik, karena valid selama 2 tahun. Jadi jika dalam waktu 2 tahun kedepan ingin apply visa UK lagi, tidak perlu membuat account baru.

Data yang perlu diisikan pada aplikasi online ini lumayan banyak. Jadi sebaiknya jangan dikerjakan mepet2 ya. Pengalaman saya pribadi, butuh 2 hari penuh untuk mengisi data online ini. Mungkin karena saya terlalu hati2, atau bisa jadi karena saya juga tulalit. Lol.
Data yang diisikan bisa disave dan diedit kemudian jika perlu. Jika sudah yakin tidak ada lagi yang perlu diedit, silahkan disubmit. Di bagian akhir Anda akan diminta untuk menentukan appointment untuk menyerahkan langsung dokumen ke BC di Düsseldorf. Tips sebelum menentukan appointment: cek jadwal kereta dari kota tempat tinggal Anda. Karena proses penyerahan dokumen dan pembuatan Biometric itu cepat, jadi tidak perlu menginap di Düsseldorf, kecuali kalau memang ingin sekalian jalan2...
Pada saat mengisi data, Anda akan mendapatkan nomor GWF. Nomor ini yang nantinya akan dipakai sebagai identitas Anda. Meskipun nantinya akan dikirimkan via email, tapi sebaiknya dicatat juga supaya lebih aman.

Nah, setelah selesai apply online, jangan lupa untuk masuk ke website nomor 3. Di sini Anda harus membuat konfirmasi untuk appointment penyerahan dokumen dan pembuatan Biometric. Appointment yang Anda buat pada website nomor 2 tidak berlaku jika Anda tidak mengkonfirmasi dengan memasukkan appointment yang sama pada website nomor 3. Ribet ya? Ember... :D

Setelah selesai apply online, siap2 untuk berangkat ke Düsseldorf. Jangan lupa untuk menyiapkan bukti appointment, copy passport yang masih berlaku dan copy Residence Permit card (depan dan belakang) -> dokumen ini akan dicek oleh petugas di pintu depan BC. Di Düsseldorf, tidak perlu bingung mencari lokasi BC. Begitu keluar dari Hauptbahnhof, jalan lurus kedepan sekitar 100 meter, nyampe deh.

Setelah penyerahan dokumen dan pembuatan Biometric, tunggu selama kurang lebih 2 minggu (10 hari kerja). Tracking progress aplikasi bisa dicek di website nomor 3. Tapi sayangnya ketika saya apply visa, tracking systemnya tidak berfungsi dengan baik. Progres tidak berubah sejak saya mulai apply hingga visa saya terima. :D

Ok, sukses ya buat aplikasi visanya. Dan jangan lupa untuk BERDOA! :)

13 comments:

iscab.saptocondro said...

Wah, aku jadi ingin ke UK.
Semoga aku bisa ikut summer course ke Hogwarts.

Hesti said...

Hogwarts itu di UK sebelah mana?
Bikin gih visanya, ntar Okt/Nov bareng yuk dolan ke Edinburgh, bareng mba Asti juga...

Wasistini "Asti" Barnhart said...

Wah Hesti nih, ketahuan bukan penggemar Harry Potter

Hesti said...

Ha? Harry Potter? Sapa lagi tuh...
*kaborrrrr... LOL

S. Herman said...

Hello Ibu Hesti,

Just found your blog in the web,

Apakah ibu residing di Germany? atau hanya travelling dan mencoba apply Visa UK dari germany.

Terima kasih

Hesti said...

Pak Herman,
Iya saat ini saya sedang tinggal di Jerman. :)

Adhitya Wisnu Pradhana said...

Bu Hesti saya mau tanya.

untuk rekening yang harus di print minimal dana yang harus ada berapa ya buk?

terimakasih

Adhitya Wisnu Pradhana said...

saya akan buat visa UK di jerman juga hehe

Hesti said...

Kayaknya ga ada batas minimumnya ya. Saya kemarin juga cuman punya "ala kadar"nya di rekening. :)

Unknown said...

Hallo mba Hesti,

salam kenal. Nama saya Dita, senang banget bisa nemu Blog mba Hesti, jadi bisa ada gambaran nih.. kebetulan bulan depan si Boss ajak saya meeting di UK. Dia kaget pas saya bilang butuh visa ke UK, krn dia pikir saya sudah jadi WN Jerman dan tidak butuh visa ke UK.
Karena tujuan saya hanya untuk meeting, saya bisa mengajukan STANDARD VISA saja.
Saya sudah cek link address yg dirimu share, ada yang saya mau tanyakan apakah mba Hesti juga melakukan hal yg sama, sbb:
1. Saya mempunyai Residence Permit di Jerman, apakah dokumen ini harus saya translate dahulu untuk apply visa? Dokumen apa saja yang ditranslate dan kalo boleh info penerjemahnya.
2. Apakah kita perlu melampirkan hasil tes TBC? karena Indonesia masuk ke dalam list tersebut. Di keterangan, TBC tes ini diperlukan untuk yang ingin mengunjungi selama lebih 6 bulan DAN residence dari negara yg termasuk di list mereka.
3. Rekening keuangan atau slip gaji 6 bulan terakhir. Slip Gaji saya dalam bahasa Jerman, apakah ini juga harus di translate?

Mohon maaf sebelumnya dengan banyaknya pertanyaan yang saya ajukan. Saya mengerti bahwa mba Hesti bukan authority UK, akan tetapi saya ingin tahu pengalaman dari mba Hesti saja, hehehee.

Thanks before mba Hesti :)

Dita

Gina Mayang Lestari said...

halo mba hesti,
mau tanya untuk apply visa ini kan onlinenya track nya ga jalan ya, diberitahu pengambilannya via apa mba?

dyaneethamr said...

hai mbak Hesti,
kalau cuma turis di jermannya bisa ga ya?

Pitri said...

Mbak hesti. Saya juga dah booking appointment melalui tlscontact itu. Terus Saya dah pilih tanggal Dan waktunya. Dah udah bayar. Tapi mbak di resi pembayaran yang Saya terima melalui email itu nggak Ada tanngal Dan waktu yang Saya pilih tercatat. Apakah Saya bisa ke konsulat nya tanpa itu bisa?,

Ditunggu informasi nya ya mbak. By the way Saya tinggal di German juga maw urus ke Düsseldorf juga..

Makasih mbak