Wednesday, May 02, 2007

Singkong Keju Meletus

Kemarin siang di salah satu stasiun tv swasta, dalam acara Wisata Kuliner, ditampilkan salah satu jajanan baru yang saat ini lagi ngetrend di Bandung. Namanya Singkong Keju Meletus (SKM).
Waktu saya liat bentuk dan warnanya, saya langsung tau kalo ini jajanan asli Surabaya yang lebih dikenal dengan nama Pohong Keju. Trus pas diceritakan proses pembuatan, jadi makin yakin kalo ini jajanan yang sama. Lucunya, si produsen sekaligus penjual SKM ini mengklaim kalo dia yang pertama ngejual makanan ini di Bandung. Ha! Pertama di Bandung tapi idenya dari Surabaya tuh... Jadi ceritanya itu orang Bandung nyontek nih yee :p

Tapi gpp kok. Kalo soal makanan, rasanya wajar2 saja kalo 'dicontek', apalagi kalo emang beneran enak, pasti makin banyak deh tiruannya. Waktu pertama kali pindah dari Bandung ke Surabaya (Jan 2000), di Surabaya waktu itu belum ada jajanan khas yang terkenal dari Bandung, misalnya kue Molen Kartika, atau batagor, atau pisang sale. Tapi saat ini, kalo pengen makanan2 itu, gak usah jauh2 ke Bandung, di Surabaya juga sudah banyak banget 'tiruannya'.

Balik ke SKM lagi nih. Kalo ada yang pengen coba bikin, gini nih caranya:
- Singkong muda (8-10 bulan) dikupas, diserut, dan dibersihkan. Trus dipotong2 dengan panjang 3-5 cm.
- Setelah itu singkong direbus setengah matang dalam air bersih.
- Setelah agak dingin, singkong direndam dalam air bumbu. Bumbunya: bawang putih yang banyak yang sudah dihaluskan (diblender) + garam secukupnya. Rendam singkong setengah matang ini sampe mulai memecah (meletus).
- Trus goreng deh sampe matang bener (sesuai selera, mau sampe gosong juga boleh :D).
- Siap dihidangkan.

Nah, kira2 gitu deh cara bikinnya. Ntar kalo ada yang sudah berhasil, tolong kasih tau saya ya. Soalnya saya juga belum pernah nyoba bikin, hihihi...

Trus, kenapa kok namanya pake 'keju' padahal bikinnya gak pake keju sama sekali? Karena setelah jadi, rasanya emang kayak ada kejunya. Mungkin efek dari bawang putih kali ya?!

9 comments:

Samalona said...

Saya malah mengira itu inovasi di hotel tempat saya kerja sekarang, hehe. Di sini namanya "cheese cassava", dan saya kira memang ada cheese-nya (keju parut). Kapan mo mampir? Saya traktir deh, Anda berdua.

Anonymous said...

Waduh Ibu Hesti, saya pengin makan singkong goreng jadinya. Apa daya masih di perantauan:( Nampaknya kunci resep SKM ini bwg putih yg byk. Hmmm, jd inget dulu wkt Pak Felix pertama kali memperkenalkan mie Hainannya pd arek2 Bremen. Bwg putihnya bikin vampir nga berani mendekat:))

Hesti said...

Samalona: Asikk, ada yang ngundang makan. Hayoo atuh dimainkan, sapa takut?! :)

Jisca: Coba dipraktekin aja Mbak SKMnya, ntar difoto trus critain ke saya ya. Btw, kata Felix itu kudu pake soda dikit biar meletusnya lebih oke :)

Anonymous said...

Akhirnya! ku temukan juga resepnya. Makasih Mbak/Bu Hesti. Langsung pengen coba nih

Hesti said...

Halo Mas Pribadi.

Panggil saya Hesti saja :)
Sukurlah kalo resepnya berguna. Selamat mencoba ya.

Tarko Sisiliano said...

kalau pingin tahu resep yang sebenarnya lihat di www.bisnissingkongkeju.blogspot.com
sok geura, sae pisan oy...

Anonymous said...

Mantap nih resepnya...... Mau nyobain ah....

treadmill murah said...

Pengin nyobain nih dirumah.... aq pernah beli lumayan enak....

oxone murah said...

Dulu aq nyobain singkong keju di daerah purwokerto....rasanya lumayan enak.... jadi pengin nyoba bikin sendiri...